FORGOT YOUR DETAILS?

Membangun Manusia Batiniah untuk Kekuatan, Kuasa, dan Demonstrasi Roh Kudus

by / / Catatan Khotbah

Saat teduh bukanlah perjuangan, itu natural, alami. Batin kita mencari Tuhan dengan sendirinya.

 

Efesus 3 : 16-17

16 Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh Roh-Nya di dalam batinmu, (TB)

17 sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih. (TB)

Perkatakanlah Firman untuk membangun manusia batin kita. Selanjutnya perhatikan pada Roma 7 : 22

Sebab di dalam batinku aku suka akan hukum Allah (TB)

For I joyfully delight in the law of God in my inner self [with my new nature], (AMP)

Batin kita diaktifkan ketika kita lahir baru. Sudahkah kita benar-benar mengalami lahir baru? Sewaktu kita lahir baru, kita menerima kuasa (Yohanes 1 : 12). Kuasa yang sama inilah yang mengaktifkan batin kita.

Kembali ke Efesus 3 : 17 oleh iman kita, Kristus diam di dalam hati kita. Ekosistem untuk kita bertumbuh adalah dalam Kristus.

Yohanes 1 : 1

Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Iman berasal dari pendengaran akan Firman Kristus Roma 10 : 17

Sehingga oleh imanmu, Kristus tinggal dalam kita. Perhatikan Yohanes 15 : 7. Bagaimana caranya?

Orang yang sudah lahir baru, tidak mungkin tidak menyukai Firman, tidak mungkin pula kabur-kaburan dari persekutuan.  Roma 7 : 22, kita secara alami menyukai hukum Allah setelah kita mengalami lahir baru yang sejati. Saat teduh bukanlah perjuangan, itu natural, alami. Batin kita mencari Tuhan dengan sendirinya. Batin akan melawan segala kemustahilan, hal-hal yang tidak ada pada hukum Allah.

Hari-hari ini, perhatikan bagaimana cara kita membangun diri kita. Tinggallah di dalam Dia dan Firman-Nya di dalam kita.

1 Petrus 3 : 4

tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah.

Kita tidak bisa membangun manusia batiniah yang kuat tanpa memiliki kelemahlembutan. Berbahagialah orang yang lemah lembut karena merekalah yang memiiki bumi (Matius 5 : 5). Orang yang lemah lembut tidak perlu menunggu disuruh, tapi sadar secara natural.

Mari kita pelajari kisah orang yang lemah lembut, membangun dirinya dalam ekosistem Firman, yaitu Daniel.

Daniel 1 : 4-14

Daniel, Sadrakh, Mesakh dan Abednego berasal dari keturunan bangsawan. Mereka meminta kepada pegawai istana untuk tidak usah makan dari santapan raja. Tapi ayat 9 mencatat, Allah mengaruniakan kepada Daniel kasih dan sayang dari pemimpin pegawai istana itu. Permintaannya dikabulkan. Mereka tetap menjaga kekudusannya. Inilah ekosistem yang seharusnya.

Daniel 6 : 4-6 Daniel memiliki roh yang luar biasa. Orang tidak dapat menemukan kesalahan Daniel, kecuali dalam hal ibadahnya kepada Tuhan. Dalam batinnya, Daniel cinta kepada hukum-hukum Allah. Meski Daniel sedang menjadi budak dalam pembuangan, Daniel mendapat perlakuan yang berbeda. Ada penyertaan Allah dalam hidupnya.

Apalagi yang Tuhan sediakan bagi kita?

Efesus 3 : 18-19

18-19  Then you will be empowered to discover what every holy one experiences—the great magnitude of the astonishing love of Christ in all its dimensions. How deeply intimate and far-reaching is his love! How enduring and inclusive it is! Endless love beyond measurement that transcends our understanding—this extravagant love pours into you until you are filled to overflowing with the fullness of God! (TPT) = kita mengalami kasih Tuhan yang begitu penuh melimpahnya dalam hidup kita. kita mengerti maksud Tuhan hari-hari ini.

20 Never doubt God’s mighty power to work in you and accomplish all this. He will achieve infinitely more than your greatest request, your most unbelievable dream, and exceed your wildest imagination! He will outdo them all, for his miraculous power constantly energizes you. (TPT) = Jangan ragukan kuasa Tuhan.

21 Now we offer up to God all the glorious praise that rises from every church in every generation through Jesus Christ—and all that will yet be manifest through time and eternity. Amen! (TPT)

Mari berani bermimpi dengan iman. Kembalilah kepada ekosistem kita yang sesungguhnya, yaitu Firman Tuhan. Tertanamlah dalam kebenaran Firman.

Tuhan itu baik.

 

Persekutuan J4U via Live IG

Sabtu, 27 Juni 2020

Pembicara: Ester Irene

Tema: Membangun Manusia Batiniah untuk Kekuatan, Kuasa, dan Demonstrasi Roh Kudus

Spread the love
TOP